23/04/10

Sholat Jum'at


Sholat Jum'at adalah solat berjama'ah yang dilakukan oleh umat Islam (khususnya laki-laki) setiap hari Jum'at.Solat ini dilakukan pada waktu Dzuhur, dan biasanya diawali dengan 2 khotbah.Jumlah raka'at-nya adalah 2 raka'at.Hukum dari Sholat Jum'at adalah sunah muakad, artinya solat sunah yang sangat dianjurkan.Pada waktu melaksanakan Sholat Jum'at, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebagai berikut :

SUNAH SHOLAT JUM'AT
1 . Mandi
2 . Memotong kuku
3 . Mencukur kumis
4 . Memakai parfum (wangi-wangian)
5. Memakai baju yang bersih dan suci

Selain itu, Sholat Jum'at juga memiliki manfaat tersendiri, diantaranya :
1 . Meningkatkan kadar keimanan kita kepada Allah S.W.T
2 . Mempererat tali silaturrahmi antar sesama umat Islam
3 . Menjaga solidaritas antar umat Islam


Kenapa pelaksanaan khotbah didahulukan ?
Mungkin pertanyaan itu pernah ada di dalam pikiran anda.Jadi, dulunya khotbah dilaksanakan setelah pelaksanaan Sholat Jum'at.Namun pada suatu hari setelah umat Islam selesai melaksanakan Sholat Jum'at, datang iring-iringan orang kafir Quraisy sambil memainkan alat musik.Tentu saja hal ini membuat umat Islam yang tadinya akan mendengarkan khotbah langsung keluar untuk melihat iring-iringan orang kafir Quraisy itu.Semenjak kejadian itu, maka pelaksanaan khotbah didahulukan.

3 komentar:

Anjazzz mengatakan...

Kalau ada yg salah tolong dilengkapi thx

Eman mengatakan...

(Sholat Jum'at) This is what i understand from your all words .. it's good to see people muslim from the internet .. nice to meet you bro :D

Anjazzz mengatakan...

@Eman : Ok thanks for your comment :D