07/12/11

Nyontek !

UAS SEASON ! Apaan tuh UAS ? Itu adalah singkatan dari Ujian Akhir Semester, yaitu jenis ujian yang dihadapi anak sekolah dimanapun berada di penghujung semester. Nilai UAS menjadi salah satu acuan untuk menentukan apakah kita akan naik kelas atau tidak. Tapi, ada satu tradisi yang selalu dilaksanakan dalam UAS, apakah itu ? Yap ! Itu adalah NYONTEK !



Ok, nyontek merupakan sebuah tradisi yang turun menurun dan tidak bisa dipisahkan dari pelajar Indonesia, atau bahkan seluruh pelajar di dunia. Beberapa alasan pun dikemukakan jika ditanya mengapa harus menyontek, beberapa diantaranya adalah :
  1. Kepepet waktu yang menjelang akhir
  2. Pengawas ruangan yang super killer
  3. Menyamakan jawaban sama temen, takut beda
  4. Ambisi nilai tinggi dengan usaha yang minim
Itu dia beberapa alasan yang ada. nah sekarang, gua mau ngebahas gimana cara-cara untuk menyontek yang sering dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Ada beberapa cara, diantaranya adalah :
  1. Memperlihatkan lembar jawaban. Ini adalah cara yang klasik. Melalui sinyal-sinyal tertentu, sang pemilik jawaban akan langsung memperlihatkan lembar jawabannya kepada sang penanya, tentu saja dengan memperhatikan situasi dan kondisi sekitar.
  2. Menyembunyikan buku di kolong meja. Kalau kita pergunakan cara ini, resiko-nya cukup tinggi. Akan tetapi, perolehan jawaban pun cukup menguntungkan juga. Gua saranin kalo mau pake cara ini, jangan sampe ada bunyi kertas kebuka sedikitpun dan samarkan gerakan, jangan sampai lo dicurigai. So beware !
  3. Cara penyelipan. Nah, cara ini  yang paling keren ! Dengan cara ini, lo membutuhkan sedikit barang tambahan, yaitu secarik kertas kecil untuk menulis jawaban. Setelah selesai, selipkan jawaban lo di benda yang dianggap cukup untuk menyelipkannya ( biasanya sih pake penghapus atau gak serutan ). Setelah proses selesai, berpura-puralah meminjam barang tersebut, dan bravo ! Jawaban ada di tangan lo !
Itulah beberapa trik dalam melakukan tekhnik contek-menyontek yang benar. Sebenarnya, ini bukan untuk dipraktekkan, cuma sekedar sharing aja dengan apa yang pernah gua alamin selama menjalani UAS. Remember, don't try this at school ! Emang asik sih, cuma resiko ketahuan tetep ada bro, jadi lebih baik persiapkan diri lo matang-matang sebelum menjalani UAS. Kan lo sendiri yang puas kalo hasil UAS lo murni jawaban lo sendiri. Ok brother ? See you soon.

0 komentar: